Beranda » » Merantau atau Tinggal di Kampung Halaman?

Merantau atau Tinggal di Kampung Halaman?

Ditulis pada: 30 August 2016 | Kategori:

Hidup adalah sebuah pilihan, sebuah ungkapan yang begitu sering berlalu-lalang masuk telinga. Ini berlaku bagi ‘Urang Ciamis’ yang terlahir di Tatar Galuh, selalu ada momentum besar dalam hidupnya terkait hal pilih memilih. Saat mau kuliah milih mau jurusan apa, ketika mencari pasangan hidup milih yang kriterianya bagaimana  dan lain sebagainya. Termasuk dalam bab memilih adalah saat harus memutuskan; tinggal di kampung halaman atau mencari tantangan di perantauan. Banyak alasan yang mendorong ‘keluarnya keputusan’ meninggalkan tanah leluhur, Tatar Galuh Ciamis, selain karena ingin mendapatkan lebih banyak ilmu, wawasan dan pengalaman juga karena kebutuhan. Nah, pasal inilah yang biasanya paling dominan, karena tuntutan kebutuhan maka dilakukanlah pencarian ‘sebongkah berlian’ (saur Wali eta oge), sinonim dari mencari nafkah katanya.

Jika tadi adalah alasan kenapa orang Ciamis memilih untuk jadi perantau, sekarang beralih pada hal-hal yang membuat warga Ciamis tetap bertahan di kampung halaman. Selain (mungkin) karena belum adanya kesempatan untuk ‘nyanyabaan’, rasa nyaman, aman dan bahagia saat berada di antara kebun, kolam, hewan peliharaan dan keindahan alam adalah alasan kuat yang mendorong semangat untuk membangun ‘kesejahteraan’ di pedesaan. Ya, karena alasan itu pula tinggal di kealamian tanah kelahiran (bisa benar-benar) sebagai sebuah pilihan yang meyakinkan dan bukan karena keterpaksaan. Berikut ini penuturan para netizen Ciamis tentang enaknya tinggal di kampung halaman jika dibandingkan dengan di kota (perantauan)…

Benzies Sparrow ramai suasana perkampungan, ramah, aya dahareun sulah silih ngasaan, ngaduumkeun, botram raramean, someah jg dulur atawa batur, ek aya ek euweuh nu ngeunah dahareun mah nu penting loba batur, nyaeta dipikaboga ai kaayaan dilembur ! sok nalangsa sing dahar ngeunah ge di kota mah, sok inget ka kulawarga nu di imah, dahar jg naon :’) aaahh, teu aya nu sanggem nyamikeun nyaman na di lembur kalahiran jg di kota perantauan.
Salam anak panjalu !

Damara Cobain raos namah,, raos d lembur bisa kumpul trs bareng keluarga…. tp d lembur kudu kerja naon,,,? blm ktemu jalana doang.

Cak Doel “Desa adalah kekuatan sejati. walau lahan sudah menjadi milik kota tp bukan berarti desa lemah tak berdaya. di lumbung kita menabung datang paceklik kita tak bingung,masa panen masa berpesta itulah harapan kita semua”..

Jojo Raharjo Beeeuh ciamis teh sejuk tariis teu gandeng ku kndaraan ngaaan . Cn knging pdamlan mni hoyng aya pdmln d lmbur

Mang Iman Cicing di lembur asa cicing jeung dulur…

Hendra Budiana ciamis mh cocok’na jang nu seueur artos atw pensiunan

Dede Varry Raos cicing di lembur th tara aya macet tiis cepil herang panon

Abi Upami di kota mah. Sagala rupina kedah meser wae.

Dede Varry Komo pami penghasilana lter d b dolar mh bki betah weh sisi balong bari marab lauk jg embe

Binbin Ahmad Robina Lalusa dlembur,lb pamandangan,beda jng dkota,tembok deui tembok pmndanganna

Firdauzt Enjoys Paradise d lembur ge pabalatak padamelan mah akang2 kntun ikhtiaar na

Neng Tia Ciamis Ari abi mah rantau na di lampung…jauuuh pisan dibanding ciamis…ngota knh ciamis dr pd kalianda lampung…taya swalayan hiji2 acan gustiiii..minangkana mh alfa jng indomart th emol pang waaaah na didieu mh…

Kha SlaluCinta Jo-bay sami neng tia ciamis,d sini gen teu aya.

Rima Nisa Mekarsari Tiis jempling ai tos magrib teuh,D kampung abdi seuseuer na g pda ngarantau jd rame na mun lebaran hungkul, ai d kota dugi ka tabuh 1 ge rame keneh jd bd ka mn2 g teu sieun. Heeee

Diding Jalaludin dikota mah panas.. hoyong ngojay ge kudu mayar, dikampung mah tinggal gejebur, rek di balong, di solokan, atau di sumur…

Echef View Sunset Enaknya tinggal
d kampung, saya bsa lebh dekat dengan keluarga,lebih dekat dengan orang tua..lebih dekat dengan masa lalu yg menjadikan saya kuat.. Lebih dekat dengan harapan.. Yaa harapan,harapan yang menunggu di wujudkan oleh orang orang pilihan dan berkemauan.. Kota ini akan maju,bila setiap orang d kota ini mempunyai mindset,kemauan,kesadaran untuk membangun kota kecil terncita ini menjadi lebih baik.. Sdm kita sudah kuat,banyak sarjana di kota ini.. Arsitek.. Orang orang cerdas..Ulama.. Dukun bahkan paranormal..Jika mereka bersatu, kota ini akan menjadi kota yg Hebat.!!

Totohady Tothy Atuh kmaha deui.di lembur neangan padamelan sesah??.

Fuji Mulia bebas macet

Jaka Tengik dikampung mah lir ibarat tinggal di imah sorangan,pami dikota ibarat tinggal di imah majikan.. 😀

Erwinaru Eweuh tukang sorabi dadakan 😀 buahahahahah

Lepo Icchh enakan hidup d kampung apa lagi d kampung halaman sendiri,d tambah tatanan hidup nya masih terjaga dengan ke aslian nya.hidUp rukun ber tetangga,gotong royong semangat membangun.kuat kan dan erat kan atar suku, ras,budaya,agama,dan kewarga negaraan se layak nya kta hidup d negara hukum yang d payungi dengan UUD.

Ayat Yat Di kota mah beritna arageng min bnten sareng di kampung.

Teh Elthea raos nuju.di kota mah abi anom keneh..ai ayeuna di kampung bet tos kolot..hehe

Usup Alice Supriatna raos hirup di kampungmah moal ay istilah kotaan. tp mun hirup di kota sok ay nu nyebut kampungan.

Mau menambahkan…? Coba lihat di bawah, ada kolom komentar… 🙂

Merantau atau Tinggal di Kampung Halaman? | Ciamis Hebat

Tags: Alam Ciamis, Ciamis Hebat, Kampung Halaman, Keindahan Ciamis, Komunitas Ciamis, Merantau, Netizen Ciamis, Nyaba, Paguyuban Ciamis, Perantau Ciamis, Tanah Kelahiran, Wisata Ciamis

Belum ada Komentar untuk Merantau atau Tinggal di Kampung Halaman?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

r Artikel & Berita Terbaru

Data Sementara Anggota Ciamis Hebat

P 3 March 2020 ,

Berikut ini adalah data sementara #UrangCiamis yang sudah bergabung di Komunitas Wirausaha Ciamis Hebat (KWCH) sampai dengan 3 Maret 2020. CH-0001. Haris Solihin, Desa Mulyasari, Kec. Jatinagara (domisili Pangandaran) CH-0002. Deni Herdiana, Desa Imbanagara Raya, Kec. Ciamis CH-0003. Yadi Setiyadi,... Selengkapnya)

Mau Jualan atau Malah Dibagikan, Bebas!

P 3 March 2020 ,

25 PASANG = 500 RIBU RUPIAH. Banyak #UrangCiamis yang bertanya, bagaimana cara bergabung di Komunitas Wirausaha Ciamis Hebat (KWCH)? Apa saja keuntungan atau manfaat menjadi anggota KWCH? Jawabannya sudah sedemikian jelas disampaikan di sini. Nah, di antara syarat jadi anggota... Selengkapnya)

Urang Ciamis Bersinergi, Mulai dari Kopdar Sinergi!

P 3 March 2020 ,

KENAPA KITA HARUS BERSINERGI? AYO HADIR DI ACARA KOPDAR SINERGI! ☝ Misal ada 5 #UrangCiamis yang terjun di wirausaha, kelimanya berasal dari kecamatan yang sama dan menggarap bidang usaha yang juga persis sama, keripik pisang. Sebutlah kelima orang itu A, B, C, D... Selengkapnya)

Panen Manfaat dengan Bergabung di Ciamis Hebat

P 3 March 2020 ,

Mengapa kita harus bergabung di Komunitas Wirausaha Ciamis Hebat (KWCH), apa saja alasannya? Yuk kita pelajari dulu syarat dan manfaatnya berikut ini… 3 SYARAT MUDAH JADI ANGGOTA KWCH 1. URANG CIAMIS. Komunitas ini terbuka untuk siapa pun dan berdomisili di... Selengkapnya)

Pak Bupati, Ini Harapan Kami…

P 24 April 2019 ,

Pasca dilantiknya pasangan Dr. H. Herdiat Sunarya, MM dan Yana D. Putra sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis 2019-2024, muncul antusiasme yang cukup luar biasa di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Ciamis. Mereka melambungkan harapan yang sangat besar dengan adanya pemimpin baru... Selengkapnya)

Live WA Chat
Powered by